Minggu, 13 Januari 2019

4.1 Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern


Tugas 4.1

Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern

1. Shared Service dalam dunia bisnis.

Shared service merupakan layanan sharing untuk mengatasi keterbatasan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Layanan yang di-share biasanya merupakan sebuah proses operasional yang menuntut tingkat operasional tinggi dan hampir sama tahapannya di setiap perusahaan. Pada akhir tahun 2016, tren shared service di seluruh dunia mengarah pada proses bisnis back office seperti Human Resources (HR) Management Service dan Finance and Accounting (FA) Service. Hal ini sejalan dengan konsep shared service di mana proses HR dan FA memiliki karakteristik proses yang hampir sama dan juga menuntut resource yang tidak sedikit untuk melakukan operasional harian yang tinggi akan transaksi dan interaksi.
Melihat karakteristik tersebut, provider yang menyediakan solusi sharing service bagi perusahaan biasanya merupakan perusahaan yang telah menerapkan tingkat digitalisasi tinggi dan prosesnya efisien. Selain itu juga tim pengelolanya harus profesional dan berpengalaman dalam mengelola operasional pelayanan untuk big enterprises. Infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang update serta andal bertujuan mampu menjamin ketersediaan dan keamanan data yang menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan.
Shared Service juga menjadi tren bagi perusahaan-perusahaan dunia dalam meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kinerja bisnisnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar